Minggu, 21 Juni 2009

Transparansi dan Keterbukaan Pemerintah

Transparansi dan keterbukaan merupakan prinsip yang harus diterapkan oleh setiap pemerintahan, hal ini mencakup akses untuk memperolehan informasi mengenai kejelasan akan peraturan dan pelaksanaannya. Memang tidak semua informasi dapat diberikan kepada warga negara, akan tetapi jika hal tersebut menyangkut hak hidup dan kelangsungan hidup warganya, maka hal tersebut sangat diperlukan. Sudah saatnya rakyat pro aktif dalam setiap tindakan pemerintah demi proses politik yang bertujuan demi terselenggaranya proses pemerintahan dan pelayanan terhadap masyarakat, jangan sampai kita hanya patuh saja tanpa harus tahu mekanisme penyelenggaraannya. Pemerintah perlu dibantu dengan mengkritisi demi konsistensi setiap tindakannya. Pemerintah mengatur rakyat untuk mematuhi, pemerintah membuat rakyat turut serta, dan mari kita jadikan negeri ini menjadi negara yang menerapkan prinsip keterbukaan dengan tanggung jawab.

4 komentar:

  1. ya bang. rakyat sekarang jarang yang tau apa yang akan di lakukan pemerintah. tiba-tiba aja ada peraturan baru tanpa ada masyarakat yang tau. mereka masih belum bisa transparan ama masyarakat :(

    BalasHapus
  2. Sebenarnya sih pemerintah mempunyai kewajiban untuk meginformasikan segala produk hukumnya, tapi krn adanya keterbatasan maka jadi agak sulit untuk direalisasi, disini kita punya peran penting setidaknya mengawasi dan tahu, masalahnya, ada oknum yg selalu menutupi itu demi kepentingan pribadi. Thanx.

    BalasHapus
  3. rasa-rasanya rakyat merasa tertipu akan sikap pemerintah. kalau mereka tetap tidak mau transparan ama rakyat, percuma aja ada rakyat di negeri ini :(

    BalasHapus
  4. Jangan takut! Percayalah! Kalau ada yang salah dikoreksi, kalau udah bener terus didukung. Yang penting jangan diam, terus menulis, dan membaca perkembangan, salam kenal.

    BalasHapus