Minggu, 07 Juni 2009

Hidup Sehat yang Seimbang

Dalam kehidupan ini tidak hanya dipenuhi keinginan-keinginan yang bersifat materi akan tetapi harus juga dipenuhi dengan keinginan kita untuk menjaga kesehatan mengapa, karena kesehatan itu mahal sekali harganya, untuk itu untuk menjaga agar badan tetap sehat, berikut beberapa pola yang dapat mendukung agar selalu hidup sehat.
  1. Makanlah teratur dan sehat; maksudnya adalah, makan-makanan yang diatur jamnya dan pola makannya. Ini berarti kita memberikan jarak waktu kepada perut kita untuk mengolah makanan, agar perut(pencernaan) tidak penuh yang menyebabkan kinerja pencernaan menjadi terganggu. Makan- makanan sehat ini berarti bahwa setiap makanan yang kita makan sesuai dengan kebutuhan baik Protein, Vitamin, mineral dan zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh, intinya adalah penuhi semua kebutuhan gizi tersebut dan jangan berlebihan, karena tubuh memiliki keterbatasan kapasitas dalam menyerap zat-zat tersebut. Dan selalu berusaha untuk menghindari zat-zat berbahaya dalam makanan seperti pestisida, atau zat kimia lain berbahaya disarankan makan-makanan yang mengandung zat organik dan bebas pestisida.
  2. Berolahragalah teratur. Ini berarti kita memberikan kesempatan kepada tubuh untuk bergerak semua, agar memperlancar kinerja-kinerja otot. Olahraga secukupnya dan sesuaikan dengan pola dan kebutuhan yang akan dicapai, yang penting memberi kesempatan tubuh untuk selalu bergerak.
  3. Beristirahatlah secukupnya. Dikala tubuh selalu bergerak dan kinerja yang tiada henti tubuh harus memiliki kesempatan untuk beristirahat, waktu yang baik itu sekitar 6-8 jam 1 hari. Jangan berlebihan untuk istirahat karena tidak baik dan akan mengubah pola tingkah laku kita di dalam kehidupan dan kesehatan. Selain tubuh pikiran juga perlu diistirahatkan entah melalui kontemplasi, refleksi, atau lain sebagainya agar lebih memberikan ketenangan kepada pikiran, selain itu dengan istirahat doa pun bisa mendekatkan suasana hati kepada pencipta dengan komunikasi.
  4. Bembiasakan diri untuk selalu berfikir positif, ini berarti bahwa apa yang kita fikirkan akan mempengaruhi tubuh melalui kinerja dan aktifitas sehari-hari, buatlah pikiran kita untuk menjadi sadar akan beberapa hal, mulai dari keberadaan kita di lingkungan sosial dan sebagainya, selalu bekerja untuk kebaikan supaya kebaikan itu kembali lagi kepada kita.

Selamat menjalani kehidupan yang sehat dan seimbang semoga sehat selalu dan dapat memberikan inspirasi kepada orang-orang di sekitar kita.

4 komentar:

  1. Selamat siang bapak,
    Tidak sengaja ketika blogwalking saya menemukan blog anda.
    Sebagai seorang blogger tentunya tidak ada salahnya bukan jika anda menambah referensi berkaitan dengan dunia blog dan bisnis online. Untuk itu kami mengundang anda untuk saling share dengan blogger-blogger yang lain di www.jokosusilo.com. Selain itu dalam situs tsb anda juga dapat menemukan beberapa artikel yang dapat dijadikan referensi dalam dunia bisnis online
    Terimakasih

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas komentar dan informasinya, sebenarnya minat saya itu membaca dan mencari segala informasi, dan menuliskannya menurut gaya bahasa demi apresiasi saya terhadap informasi tersebut.

    BalasHapus
  3. hallo, artikelnya bagus, niy. mungkin link berikut bisa menjadi bahan referensi.
    http://www.melindahospital.com/melindahospital/modul/user/artikel.php

    BalasHapus