Rabu, 27 Mei 2009

Tips Dalam Membeli Perangkat Komputer

Dalam membeli peralatan komputer pengaturan kuangan sangat-sangat diperlukan, ini dikarenakan adanya kebutuhan lain yang lebih penting dan mendesak yang harus diutamakan. Dalam pada ituberikut ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu agar membeli perangkat yang lebih penting dalam komputer:
  1. Jika ingin mengubah software pada komputer anda pastikan software (perangkat lunak) tersebut sudah anda ketahui cara penggunaannya dan jika belum anda bisa mencari perangkat lunak tersebut di situsnya dan mencoba paket gratis(trail) sehingga tahu bahwa perangkat ini memang dibutuhkan utuk masuk dalam komputer. Pastikan juga perangkat lunak ini sesuai dengan spesifikasi perangkat keras(hardware) supaya tidak menyesal di kemudian hari.
  2. Jika ingin mengubah perangkat keras pastikan bahwa setiap komponen yang ingin dibeli saling mendukung(kopetible) agar jangan sampai perangkat keras yang telah dibeli tidak dapat digunakan atau mubazir. Cek spesifikasi mobo (motherboard) mengenai hardware apa saja yang bisa dimasukkan ke dalam mobo tersebut dan jangan lupa cari informasi mengenai perangkat keras yang ingin anda beli lalu sesuaikan dengan kapasitas PSU(powersuplay) anda agar komputer tidak drop atau sering mati.
  3. Kritislah dalam membeli perangkat anda terhadap penjual agar anda tidak menyesal, dan barang yang dibeli sesuai dengan kebutuhan anda, tanyakanlah se-ditail mungkin untuk mencocokkan informasi yang telah didapat dengan penjual.
  4. Cek terlebih dahulu harga-harga setelah menentukan pilihan anda, karena setiap toko memiliki perbedaan harga yang tinggi.
  5. Jika sudah membeli test jika memungkinkan, karena ada beberapa toko yang dapat melakukan test ketika sudah membeli, agar tidak menyesal ketika sampai di rumah. Usahakan agar bisa melihat produk yang dibeli, bila perlu buka kemasan produk apakah barang masih bagus atau ada kecacatan, agar tidak menyesal dikemudian hari. Karena ada beberapa produk yang rusak terjadi pada saat proses pengiriman barang. Jika barang rusak mintalah yang masih baru.
  6. Cek mengenai garansi, berapa lama garansi, sesuaikan dengan informasi yang telah didapat(1tahun/2tahun), apakah produk perangkat keras yang dibeli merupakan garansi toko/ pabrik, bagaimana ketentuan mengenai klaim garansi apakah barang bisa langsung ditukar dengan yang baru jika rusak, atau harus ke servis center produk tersebut.
  7. Jika sudah jelas mengenai garansi, diharapkan menjaga segel garansi agar tidak rusak supaya bisa meng-klaim garansi apabila produk yang telah dibeli rusak.

Hanya sebatas itu informasi yang dapat diberikan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar