Senin, 21 Desember 2009

Onsen

Onsen atau japanese bath atau yang sering disebut pemandian ala jepang adalah suatu aktifitas dalam pemandian yang memiliki cara tertentu yang dilakukan secara telanjang dan sistematis guna mendapatkan hasil yang maksimal dan menyegarkan tubuh. Untuk dapat melakukan aktifitas ini harus mematuhi beberapa ketentuan yaitu:
  1. Tidak diperkenankan untuk yang memiliki penyakit kulit.
  2. Sebelum memasuki kolam rendam Onsen harus sudah dibilas dengan sabun dan air bersih.
  3. Tidak boleh bersabun di dalam kolam Onsen.
  4. Tidak boleh lebih dari 10 menit berada di sauna dan kolam onsen.
  5. Meningalkan tempat onsen dalam kondisi yang disuka.

Jika sudah memenuhi ketentuan tersebut maka langkah selanjutnya adalah langsung mengikuti "ritual" onsen.

  1. Ketika pertama masuk lucuti semua pakaian hingga telanjang, Bilas badan di tempat pembilasan dengan sabun, jika sudah masuk keruang berikutnya yaitu sauna;
  2. Setelah dibilas bersih selanjutnya ke tempaat sauna untuk membuat badan berkeringat dengan uap air yang telah dimasukkan ke dalam bebatuan panas dalam ruang tersebut. Di dalam ruang Sauna terdapat pengukur waktu lakukanlah selama 10 menit, karena jika melebihi waktu dikhawatirkan dehidrasi atau kekurangan cairan. Sensasi yang kita rasakan adalah keringat yang membasahi seluruh tubuh dan mengeluarkan cairan dalam tubuh.
  3. Setelah selesai sauna, langkah selanjutnya adalah berendam di kolam air panas, sebelum berendam bilas dahulu tubuh dengan air panas dari kolam tersebut agar suhu tubuh dapat menyesuaikan suhu kolam. Lakukan hal ini dalam waktu 5- 10 menit, karena air cukup panas. Sensasinya seperti kulit dihangatkan oleh air yang panas. Jika sudah selesai dilanjutkan ke kolam berikutnya yaitu ke kolam air dingin. Lakukan sesegera mungkin ke kolam air dingin.
  4. Di kolam air dingin bisa langsung dibilas atau langsung berendam di dalam kolam air yg memang dingin seperti air yang baru dikeluarkan dari kulkas, rasanya sampai menusuk tulang, sensasi yang tiada tara setelah berendam dari air panas ke air dingin sungguh mengesankan. Jika telah selesai maka lakukan langkah selanjutnya yaitu membilas seluruh tubuh dengan mandi air hangat langsung dari shower. Lanjutkan aktifitas sehari-hari dengan kebugaran setelah mandi Onsen.

Nikmati setiap sensasi dalam hidup yang berasal dari seluruh kebudayaan yang ada di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar