Rabu, 06 Januari 2016

Tips Mencari Kerja di Internet 2016

Untuk mencari kerja di dunia Internet ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Antara lain:
  1. Softcopy Lamaran yang terstruktur, hal ini bertujuan agar lamaran tersebut bisa kita kirim melalui email ataupun melalui situs pencari kerja. Usahakan Lamaran kerja tersebut berisi data pribadi yang terbaru, jenjang pendidikan yang pernah dicapai beserta tahun selesai pendidikan. Lamaran juga harus memuat pengalaman kerja dari perusahaan 1 ke perusahaan lain yang berisi, jangka waktu bekerja berisi bulan dan tahun lamanya bekerja diperusahaan tersebut. Deskripsi pekerjaan yang dikuasai dan dikerjakan, alasan keluar dari perusahaan satu ke perusahaan lain, beserta Gaji yang diberikan dari perusahaan sebelumnya.
  2. Pilihlah Situs lowongan kerja terpercaya yang memberikan data Perusahaan lengkap dan terpercaya seperti www.jobstreet.co.id dan www.Loker.web.id, usahakan memilih lowongan pekerjaan ke perusahaan yang memiliki situs perusahaan dan alamat yang jelas. Jangan melamar pekerjaan ke Perusahaan Outsourching dikarenakan akan membuat pelamar melalui jalur yang lebih panjang karena akan diarahkan kepada perusahaan lain. Jika mengirim email buatlah dengan surat lamaran dengan subjek posisi yang ingin dilamar. Usahakan Lampiran softcopy CV (data pribadi pelamar) kecil sekitar 100KB-500KB mengingat koneksi internet di Indonesia yang memprihatinkan.
  3. Usahakan mencari pekerjaan sesuai dengan latar pendidikan, pengalaman bekerja, dan Domisili pelamar dekat dengan perusahaan yang dilamar tidak jauh, agar peluang pelamar untuk dipanggil perusahaan lebih besar. Jangan memaksakan kondisi pelamar dengan lokasi perusahaan yang jauh karena akan mempengaruhi performa pekerja dari tenaga dan biaya operasional sehari-hari, ingat kesehatan dan kebahagiaan pribadi itu penting.
  4. Berdoa agar pikiran lebih jernih dalam mencari dan melamar pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan pelamar.
  5. Ketika panggilan wawancara tiba, datanglah, persiapkan diri dengan baik, mulai dari fisik, stamina, serta sistematika wawancara yang akan dijelaskan kepada pewawancara sesuai CV dan surat lamaran, kuasai data perusahaan yang kita lamar. Banyaklah bertanya, mulai dari bisnis perusahaan, produk-produk perusahaan, serta keinginan perusahaan ke depannya. Terapkan bahwa diri pelamar memberikan kontribusi besar untuk perusahaan tersebut.
  6. Jika panggilan wawancara disertai test, persiapkan diri untuk bisa mengerjakan test, carilah soal-soal test yang umum di Internet, biasanya ada Test Analogi, Ketelitian, gambar, dan lain-lain untuk contoh test bisa di lihat disini.
  7. Berdoalah semoga pelamar mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya agar bisa bekerja maksimal.
Demikian beberapa tips melamar di Internet semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar